Rabu, 12 Agustus 2009

Tips asyik belajar bahasa Inggris

TIPS ASYIK BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN METODE 5 M

Masih ingat sejak kapan anda mengenal Bahasa Inggris? Sebagian ada yang sejak SD atau sejak SMP bagi anda yang lahir sebelum tahun 90-an. Terus benarkah bahwa sebagian besar kita tidak menyukai pelajaran tersebut atau bahkan membencinya dengan berbagai alasan? Gurunya galak, materinya terlalu banyak, kosakatanya sulit dimengerti, tatabahasanya ruwet, dan lain sebagainya. Pokoknya Bahasa Inggris bikin streslah.
Ternyata banyak hal yang kita benci adalah sesuatu yang sangat berguna untuk kehidupan. Kita tidak suka pahitnya obat padahal sangat kita butuhkan untuk kesehatan kita. Pelajaran Bahasa Inggris yang kita benci adalah resep manjur untuk kemajuan komunikasi global, perluasan pergaulan, dan IPTEK, betul nggak? Nikmatnya menguasai Bahasa Internasional yang satu ini membuat para presenter, politisi, mahasiswa, eksekutif, eksportir, VJ, jurnalis, diplomat, da’i, penyanyi, kolumnis, dosen, sopir taxi menjadi anggota masyarakat global yang membawa kemajuan dan kemudahan.


Tips asyik belajar Bahasa Inggris

Tidak ada kata terlambat untuk berubah. Kalau dulu benci, mengapa sekarang tidak belajar untuk menyukai? Kalau anda sudah mulai menyukai, berarti terbuka lebar jalan untuk menguasainya. Nah, untuk itu anda butuh menyimak dan mengikuti tips-tips bagaimana menguasai Bahasa Inggris dengan metode 5 M yang menyenangkan berikut ini:

1. Mau membaca
Bacalah semua yang tertulis dalam Bahasa Inggris yang anda temui di lingkungan anda sehari-hari, dan berusahalah untuk mengetahui artinya. Mulai dari buku, koran, majalah, komik, brosur leaflet, kaos oblong, bungkus permen, kemasan produk sampai label CD. Sering-sering lihat kamus kalau belum tahu arti kata. Kalau ini anda lakukan pasti dalam waktu singkat anda akan segera menjadi OKBI (Orang Kaya Bahas Inggris)
2. Mau menulis
Ubahlah kebiasaan anda menulis. Jadikan segala bentuk tulisan yang anda butuhkan menjadi berbahasa Inggris. Mulai dari daftar belanja hari ini, daftar pelajaran, SMS, buku harian, memo, surat pribadi (kalau yang disurati belum mengerti sertai terjemahannya). Memang berat, tapi kalau anda lakukan step by step tentu tidak akan berakibat ”step”.
3. Mau mengucapkan
Kalau ingin bisa renang, ya, terjun ke kolam. Kalau ingin bisa ngomong Bahasa Inggris, ya, bicara. Untuk latihan ucapan kata, lihat transkripsi kata per kata yang anda pelajari di kamus. Kemudian berlatihlah untuk mengucapkan dengan keras. Gunakan semua kata Bahasa Inggris yang sudah anda kuasai untuk berbicara dan bercakap-cakap. Biarkan saja, kalau ada orang lain yang berkomentar kalau anda ngomongnya sedikit-sedikit Bahasa Inggris. Pakai Bahasa Inggris kok sedikit-sedikit. Yang banyak dong!
4. Mau mendengarkan
Untuk mengoreksi ucapan, intonasi dan menambah koleksi kata, buatlah jadual khusus untuk mendengarkan semua sumber audio atau visual yang berbahasa inggris. Siaran radio di gelombang SW1, SW2 dari BBC London, VOA, Radio Australia dll. Berita-berita dan acara berbahasa Inggris di televisi. Pokoknya cermati dan dengarkan. Mengerti atau tidak itu urusan belakangan. Semakin sering anda lakukan, akan terasa bahwa kepekaan anda meningkat, prosentase pemahaman kontek akan bertambah dan rekening listrik membengkak. Tak apa kan? Toh, masih lebih murah daripada repot-repot kursus.
5. Mau menyanyi
Belajar Bahasa Inggris tidak harus selalu mengerutkan dahi. Menekuk-nekuk lidah sambil menyanyi pun boleh. Apalagi lagunya lagu kenangan so pasti bikin happy. Kuasai satu teks lagu, ketahui ucapan kata per katanya, pahami maksudnya, dan nyanyikan setiap saat setiap ada waktu, sampai hafal di luar kepala. Siapa tahu selain Bahasa Inggrisnya menjadi lebih fasih dan lancar, bisa juga tergali sebuah bakat yang terpendam ribuan kilo di perut bumi. He…he…he…

Selamat mencoba belajar Bahasa Inggris dengan metode 5 M yang terbilang mudah, murah, dan hasilnya memuaskan. Dengan catatan, asal mau mempratekkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar